Efektifitas Pemanfaatan
e-Learning e-Dukasi.net Berdasarkan Model DeLone & McLean
Abstrak --
Saat ini banyak Sekolah
Menengah Umum yang menggunakan internet sebagai sarana pendukung untuk membantu
pelaksanaan proses belajar mengajar seperti e-Learning
e-dukasi.net yang dibuat oleh Pemerintah. Penelitian ini dilakukan untuk menyelidiki seberapa efektivitas pemanfaatan e-Learning e-dukasi.net pada siswa SMA. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan kuesioner untuk Siswa SMA, Guru dan Wali Siswa di 5 (lima) wilayah acak di Jakarta
yang telah menggunakan e-dukasi.net. Secara umum, model penelitian berdasarkan model Delone & McLean yang
telah diperbaharui (2003) dan untuk perbedaan ragam pengguna e-Learning
e-dukasi.net didasarkan pada model UTAUT
(Unified Theory of Acceptance and Use of
Technology), yang dikembangkan oleh Venkatesh et al. (2003). Model akhir yang diperoleh dalam penelitian ini adalah model keberhasilan dari
sistem Teknologi Informasi yang
dikembangkan oleh Delone & McLean yang
telah diperbarui (2003) yang menurut penelitian ini adalah variabel meliputi : Variabel Kualitas Layanan
(KL) berpengaruh langsung terhadap
variabel Intensitas Pemakai (IP) sebesar
0,15.
(15 %), Intensitas Pemakai (IP) secara langsung mempengaruhi Variabel Manfaat (M) pada 0,43
(43%), Ragam Pengguna (RP) langsung mempengaruhi hubungan Intensive Pemakai (IP) dan Manfaat (M).
DOWNLOAD COVER
Proceedings Seminar
Nasional SINAPTIKA 2011 Universitas Mercubuana ISSN : 2086-8251
No comments:
Post a Comment