Monday, March 9, 2015

model delone and mclean

Efektifitas Pemanfaatan e-Learning e-Dukasi.net Berdasarkan Model DeLone & McLean

Abstrak -- Saat ini banyak Sekolah Menengah Umum yang menggunakan internet sebagai sarana pendukung untuk membantu pelaksanaan proses belajar mengajar seperti e-Learning e-dukasi.net yang dibuat oleh Pemerintah. Penelitian ini  dilakukan untuk menyelidiki seberapa efektivitas pemanfaatan  e-Learning e-dukasi.net pada siswa SMA. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan kuesioner untuk Siswa SMA, Guru dan Wali Siswa di 5 (lima) wilayah acak di Jakarta yang telah menggunakan e-dukasi.net. Secara umum, model penelitian berdasarkan model Delone & McLean yang telah diperbaharui (2003) dan untuk perbedaan ragam  pengguna e-Learning e-dukasi.net  didasarkan pada model UTAUT (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology), yang dikembangkan oleh Venkatesh et al. (2003). Model  akhir yang diperoleh dalam penelitian ini adalah model keberhasilan dari sistem Teknologi Informasi yang dikembangkan oleh Delone & McLean yang telah diperbarui (2003) yang menurut penelitian ini adalah variabel meliputi : Variabel Kualitas Layanan  (KL)  berpengaruh langsung terhadap variabel  Intensitas Pemakai  (IP) sebesar  0,15. (15 %), Intensitas  Pemakai (IP) secara langsung mempengaruhi Variabel Manfaat (M) pada 0,43 (43%), Ragam Pengguna (RP) langsung mempengaruhi hubungan Intensive Pemakai (IP) dan Manfaat (M).

DOWNLOAD COVER

Proceedings Seminar Nasional SINAPTIKA 2011 Universitas Mercubuana ISSN : 2086-8251

No comments:

Post a Comment